Saturday, August 24, 2024

Cheating is not only having sex with another person ...

Cheating is not only having sex with another person who is not your wife/husband, it also includes:

1. Receiving money from a man without the knowledge of your husband.

2. Giving money to a woman without the knowledge of your wife.

3. Sharing sex jokes with a person who is not your spouse.

4. Deleting messages which you dont want your spouse to read

5. Answering frequent calls at night from an opposite gender in the presence of your spouse.

6. Avoiding answering a call from someone when your spouse is around or stepping aside to answer that call.

7. Saving contacts of those other persons with different names so that your spouse fails to recognise.

8. Lying about your location to your spouse when you are with that other person or vice versa.

9. Having office husbands and wives.

10. Piling unresolved issues with your spouse is another highest type of cheating which will in turn ruin your body, soul and spirit.

Thursday, August 22, 2024

Dr Peyon Menjawab 001: Soal Kepala Suku, NKRI dan Dewan Adat Papua (DAP)


 Donny James

Bapak saya mau tanya tentang penyebutan kepala suku. ? Menurut saya kata kepala suku itu yang paling wajar di sebut di sebuah daerah apabila Dia mempunyai tanah adat tetapi yang menjadi pertanyaan sekarang ini di Papua daerah2 telah bermukim beberapa kelompok masyarakat adat mereka mengangkat kepala suku mereka di daerah tersebut .. z minta tolong untuk Bapak jelaskan dari perspektif antropologi tentang kata/kalimat Kepala Suku ?

Ibrahim Peyon
Donny James Saudara James, di Papua tidak ada kepala suku, istilah kepala suku itu baru diperkenalkan oleh pemerintah Indonesia untuk kepentingan PEPERA tahun 1969. Kemudian dilanjutkan oleh Rezim Suekarno untuk mempertahankan kepentingan partai Golkar dan rezim otoriternya. Karena itu, Orde baru perintahkan kepada pemerintahahnya di itingkat paling bawah seperti Camat dann desa untuk angkat para kepala suku di tiap kampung dan wilayah. Setelah reformasi, kepala suku dihilangkan, maka orang asli Papua bentuk DAP untuk memperjuangkan kepentingan rakyat. Pemerintah Indonesia melihat DAP lebih banyak memihak orang asli Papua maka, TNI membentuk LMA sebagai tandingan dan pak Lenis Kogoya diangkat sebagai kepala sukunya. Jadi, istilah kepala suku ini baru muncul sejak Indonesia datang di tanah ini untuk mempertahankan kepentingan nasional Indonesia di Papua. Kepemimpinan di Papua adalah berbasis klen, tiap klen memiliki satu pemimpin sendiri dan tiap suku memiliki istilah sendiri. Di seluruh melanesia hanya ada dua kepemimpinan, pemimpin pemilik tanah dan pempin yang diperoleh karena pencapaian. Tipe lain di Papua seperti di Raja ampat, Fakfak, dan Kaimana yang disebut sistem raja itu bukan asli tetapi, impor dari Maluku demi kepentingan kayu kuning, rempa-rempa dan burung kuning.

Nama asli seluruh Wilayah ini Ria atau Iria...

Nama asli seluruh Wilayah ini Ria atau Iria, seluruh tanah Ria ini dalu terbentang sebuah daratan luas, tetapi karena konflik internal, bersaudara klen Hamadi untuk merebut kepemimpinan charsori (sekang disebut Ondoafi), wilayah ini dihancurkan. Orang yang menghancurkan semua rumah adalah klen Habakuk, sedang seorang tua bernama Ya dari klen Merauje telah mengubah tanah Ria menjadi Teluk Yotefa. Tanah Ria adalah tempat sejarah, tempat dimana Tab menciptakan manusia pertama. Tab adalah pencipta atau dewa matahari yang diyakini sebagai tuhan pencipta oleh masyarakat di Teluk Yotefa dan Sentani. Dimana istilah Tabi ini digunakan untuk wilayah adat Mamta, Mamta=Mamberamo-Tabi, kata Tabi diambil dari nama Tuhan Pencipta yang disebut Tab tersebut. Oleh karena itu, biasa orang asli Jayapura bisa sebut Jayapura tempat terbit matahari, itu menunjuk Tab. Sedangkan tanjung yang saat ini disebut Basa G, nama aslinya adalah Tanjung Suaja.

Friday, August 9, 2024

Dr Ibrahim Peyon: Ada beberapa orang tua menolak untuk menjelaskan alasan sakral

Pada waktu kecil di kampung, saya bertanya kepada orang-orang tua di rumah laki-laki kami mengenai asal usul buah merah (sak) dan buah pandan (hilak). Ada beberapa orang tua menolak untuk menjelaskan alasan sakral, tetapi ada beberapa orang lain bersedia menjelaskan itu. Salah seorang yang juga kerabat saya menjelaskan tentang asal usul buah merah yang diberi warna merah oleh perempuan dari darah menstruasinya sendiri. Karena itu, di masa lalu perempuan dilarang makan buah merah tanpa melalui ritus khusus (hal yiko). 

Lalu seorang kerabat lain mengajak saya ke pondoknya di kebun, setelah kami makan makanan yang sudah dimasak dengan sistem bakar batu, ia menjelaskan tentang asal usul buah pandan (hilak). Menurutnya, buah pandan putih itu tumbuh dari kepala seorang laki-laki yang sudah meninggal. Sesuai jenjinya, mayat orang itu diletakkan di sebuah tempat dekat goa, setelah mayat itu busuk dan dari kepalanya tumbuh buah pandan putih tersebut. Saya juga dengar ada beberapa versi lain, tetapi secara subtansi sama, buah pandan putih berasal dari kepala manusia.  

Asal usul hilak kontras dengan buah merah, buah merah berasal dari perempuan, sedang buah pandan putih ini berasal dari laki-laki. Karena itu ada beberapa sifat kontras kedua jenis tumbuhan ini. Buah merah ditanam; sedang buah pandan putih tumbuh sendiri (ditanam oleh kus-kus); buah merah berada di kampung; sedang buah pandan putih jauh di hutan; buah merah tumbuh tempat lebih rendah dan daerah iklim hangat; buah pandan putih tumbuh di wilayah ketinggian dan dingin; buah merah representasi metaforisme feminimitas; buah pandan putih representasi metaforisme maskulinitas; buah merah banyak mengandung kecerdasan otak, memperlancar peredaran darah, dan menjaga ketebalan tubuh dan menyembuhkan beberapa jenis penyakit. Sedang buah pandan putih lebih banyak produksi hormon yang beberapa fungsinya seperti produksi sperma, fungsi seksual dan mendukung proses reproduksi, mendukung fungsi kognisi dan mendukung pertumbuhan dan berkembangan. 

Dalam teks itu saya temukan 14 elemen penting, dan masing-masing elemen dipenggal menjadi miteme dan dianalisa dengan menghubungkan aspek-aspek budaya lain. Sengaja ditulis dalam bahasa Jerman atau Inggris, dengan maksud meluruskan tulisan-tulisan orang asing yang banyak salahnya tentang budaya Melanesia.  

Di bawah ini teks yang dijelaskan oleh seorang kerabat tersebut kepada saya tahun 1990. Untuk menghargai informan dan mengabadikan kisahnya, saya menulis nama dalam tulisan saya.