Monday, May 9, 2022

Dr Ibrahim Peyon: Indeologi dan Nasionalisme Melanesia

Negara-negara Melanesia konstruksi ideologi dan nasionalsime mereka yang berakar dari budaya Melanesia sendiri. West Papua dipersiapkan sebagai Negara Pasifik pertama yang akan diakui hak kemerdekaan dan kedaulatannya. 

Dalam rangka itu, Nasionalisme Papua dikonstruksi dari akar sejarah dan budaya mereka, itu tergambarkan dalam bentuk Bendera Bintang Fajar yang berakar dari sejarah penciptaan dan sejarah asal-usul leluhur mereka, seperti Manseren Manggundi dan Manarmakeri, Kuri-Pasai, Dema, Yeli, Naruekul, Nabelal-Habel, dan banyak lain. 

Semua ini memiliki satu struktur terdalam, tersembunyi dan struktur inti. Simbol itu mungkin musul dari satu kultural, semisal Saireri, atau Tabi, Jayapura. Tetapi inti struktur sama dan mirip, di seluruh Papua. 

Dengan dasar itu, dirumuskan ideologi "The Triple Principle of Papuan Luster and The Spirit of Melanesian Brotherhood, tahun 1960-an dan kemudian dikembangkan Dr. Don Flassy, dkk dalam komite Indepenten menjelang kongres Papua II. Ideologi, Tiga Prinsip Kilau Papua ini didasarkan pada kasih, kesetiaan dan kejujuran, dan lebih jauh lagi pada Prinsip Persaudaraan Melanesia one people, one soul dan one solidarity. Ini menjadi asas dan ideologi nasionalisme West Papua, tiga prinsip kilau ini tentu muncul dari sebuah hukum dasar, dan hukum dasar itu harus diungkapnya. 

Di Papua New Guinea, Bernad Narokobi konstruksi basis ideologi nasionalisme, Melanesia Way, kini menjadi falsafah dasar konstruksi ideologi nasionalisme negara-bangsa PNG. Narokobi mengatakan, Melanesia adalah unity, bersatu, dan terikat. Melanesia ada disini sebelum Eropa dan Asia datang, peradaban Melanesia itu akar yang lama, dan budaya kami tidak tertulis dan itu diwariskan dengan cara lisan dan simbol-simbol kultur. Melanesia itu unity, itu dalam bentuk resiprositas, memberi dan menerima, kehidupan komunal, dan solidaritas. 

Vanuatu terinspirasi dan ambil makna dari Melanesia Way, dan konstruksi Sosialisme Melanesia, yang berakan budaya Melanesia sendiri, sosialisme-komunalisme, ideologi nasionalisme berbeda dari sosialisme-komunisme Karl Marx, sosialisme Melanesia ada sebelum teori Marxisme, dan ada sebelum kontak dengan Eropa. Akar hidup dan budaya Melanesia adalah memberi dan menerima, resiprositas; hidup berkelompok dan kerja sama, komunalisme, dan saling bersolidaritas. Sosialisme Melanesia vs Kapitalisme Eropa, beda dengan sosialisme Marx, Komunalisme vs Individualisme, dan komunalisme Melanesia berbeda dengan Komunisme Marx. 

Sosialisme Melanesia berbeda dari sosialsime Mx tentang kepemilikan bersama semua warga negara, sedang Sosialisme Melanesia mengakui kepemilikan komunal dalam klen. Basis kepemilikan Melanesia klen dan distribusi lintas klen dataran negara-bangsa. 

Ideologi Nasionalsime Fiji konstruksi berbasis ideologi sejarah penciptaan Melanesia dan pola kepemilikan. Ideologi "Vanua", yang memiliki tiga elemen dasar, yaitu: vanua and spirits, vanua and places, and vanua and people. Ideologi ini menjadi dasar indeologi nasionalisme negara-bangsa, di mana spirits, tanah, dan manusia ditempatkan pada posisi yang sama. 

Negara-negara Melanesia dibangun di atas kaki dan akarnya sendiri, semua elemen ini diperlakukan sama. Dalam konteks itulah, Green State Vission lahir sebagai sebuah visi untuk berdamai dan menghargai hak semua mahluk, maka tercipta harmoni, perdamaian dan keseimbangan berkelanjutan. Tugas imuwan Melanesia hari ini adalah mencari tahu dan menemukan hukum dasar semua ideologi nasionalisme negara-bangsa Melanesia ini. Saya percaya ada hukum yang paling mendasar dari semua ideologi ini, Melanesia way, The Triple Principle of Papuan, Melanesia Socialism, dan Vanua, pasti memiliki satu hukum dasar yang sama dan satu. Menurut pikiran saya, hukum dasar itu saya disebut Trias Tunggal Melanesia.

No comments:

Post a Comment