Saturday, May 7, 2022

Dr Ibrahim Peyon: Satu Pusat, Betulkah?

Oleh: Ibrahim Peyon, Ph.D | 7 Mei 2022

SATU PUSAT
Pertanyaan kita, apakah benar bahwa hanya ada satu Tuhan sesuai ajaran agama-agama Arabis? Karena satu Tuhan maka ada kepercayaan Monoteistik? Karena satu Tuhan dan kepercayaan Monoteistik maka semua manusia berasal dari satu leluhur Adam dan Hewa? Atau semua manusia berasal dari Afrika menurut teori evolusi? Apakah benar bahwa semua civilization manusia di mulai dari Babylonia? Karena itukah maka pusat kolonialisme itu dimulai dari Eropa dan Amerika? Alasan itu pula pusat kapitalisme dan imperialisme Eropa dan Amerika? Karena itu pula Ero-Amerika sebagai negara dunia pertama, negara-negara eropa timur bekas jajahan Rusia sebagai negara dunia kedua? Karena itu juga negara-negara Asia, Afrika, Amerika Latin dan Pasifik sebagai negara dunia ketiga? Lalu siapa dunia keempat?
Karena itu pula orang Melanesia baru datang dari Afrika 40.000 tahun lalu? Karena itu agama dan ilmu pengetahuan pusat dari Eropa dan kita terima begitu saja? Kita sebagai Melanesia perlu refleksi dan jawan pertanyaan-pertanyaan ini.

LALU BAGAIMANA?

Leluhur kita hidup ribuan dan jutaan tahun di sini. Kami punya Tuhan dan kepercayaan asli di sini. Kami punya sejarah dan budaya sendiri di sini. Kami punya bahasa dan tatanan adat istiadat sendiri di sini. Kami punya sistem ekonomi dan pertanian tertua di dataran tinggi di sini. Kami disini, PUSAT KEHIDUPAN KAMI ada di sini. Kami hidup sebagai bangsa merdeka di sini. Mengapa bangsa? semua negara di dunia dibentuk berbasis individu, keluarga, band, lineage, klen, fratri, moiety, suku/etnik, culture area, dan negara-bangsa. Itu basis suatua negara-bangsa, semua negara modern berbasis pada itu. Lalu apakah Papua sebuah negara-bangsa? Jawabannya, tegas, ya dan pasti. Di sini pusat bangsa Papua, pusat sejarah penciptaan dan asal-usul bangsa, pusat sejarah dan adat istiadat, pusat kebudayaan, pusat kepercayaan, pusat bahasa, pusat ilmu pengetahuan, pusat ekonomi, pusat politik, pusat agama, dst. Semua ada di sini, dan di sini pusat kami, bangsa Melanesia.

No comments:

Post a Comment